Selasa, 10 Maret 2009

Fungsi Menu Tools Dalam Macromedia Flash MX 2004

I. Komponen Flash MX



A.1 Jendela Tools
Jendela Tools ini membawai beberapa tomol yang akan sering kita gunakan. Selanjutnya akan dibahas satu-persatu mengenai tombol-tombol tersebut beserta fungsinya.
  1. Arrow Tool
    Alat ini berguan untuk memilih bidang, memindahkan obyek, memilih garis luar bidang (outline), membuat garis berlekuk.
  2. Subselection Tool
    Tombol ini mempunyai fungsi yang sama dengan arrow tool dalam hal memilih. Hanya saja ketika kita memilij obyek dengan tombol ini maka akan muncul 4 persegi kecil untuk obyek persegi atau persegi panjang, 24 persegi kecil untuk obyek lingkaran, dan 2 persegi kecil untuk obyek garis.
  3. Line Tool
    Line digunakan untuk membuat garis. Pilihan yang diberikan pada ssat alat aktif cukup beragam. Kita bisa memilih ketebalan , mulai dari 0,5 sampai 10 dan juga bisa memilih motif garis lurus,putus-putus, sampai motif rumput.
  4. Lasso Tool
    Lasso memiliki fungsi yang sama dengan arrow dalam hal memilih obyek. Bedanya, jika kita menggunakan Aroow tool, obyek akan terpilih secara menyeluruh. Sedangkan menggunakan laso tool, tidak secara menyeluruh, hanya beberapa bagian saja.
  5. Pen Tool
    Tombol ini mempunyai fungsi yang sama dengan line. Hanya saja jika kita menggunakan line maka akan terbentu sebuah garis, sedangkan bila kita menggunakan pen maka akan dapat terbentuk lebih dari satu garis.
  6. Text Tool
    Berguna untuk menuliskan suatu huruf,kata, ataupun kalimat. Pada saat tombol ini aktif, dalam jendela properties akan tampil format pengaturan text seperti ukuran, jenis huruf ,warna, perataan, spasi antar baris dan yang lainya.
  7. Oval Tool
    Alat ini memiliki fungsi untuk membuat lingkaran ataupun ellips.
  8. Rectangle Tool
    Alat ini digunakan untuk membuat persegi dan persegi panjang. Ujungnyapun bisa dibuat setengah lingkaran (round) atau lancip (90°)seperti biasa dengan menggunakan Round Rectangle Radius yang berfungsi untuk membuat seperempat lingkaran pada sudut obyek.
  9. Pencil Tool
    Digunakan untuk menggambar obyek yang diinginkan.Pada Optin terdapat tiga alat tambahan, yaitu Straighten, Smooth, dan Ink.
  10. Brush Tool
    Sesuai dengan bentuk, fungsinya yaitu untuk mengecat obyek Flash. Pada saat aktif terdapat 4 Option yaitu, Brush Mode dengan 5 gaya, Brush Size dengan 10 ukuran, Brush Shape dengan 9 bentuk , dan Lock fiil.
  11. Free Transform Tool
    Alat ini memiliki fungsi mengubah bentuk suatu obyek, baik tiu dalam hal skala, putar, ataupun menyamping.
  12. Fill Transform Tool Alat ini berfungsi untuk mengubah posisi warna gradasi.
  13. Ink Bootle Tool
    Fungsinya untuk membuat outline pada obyek yang tidak ber-outline dan juga untuk mengganti warna outline pada obyek.
  14. Paint Bucket tool
    Fungsinya hamper sama dengan Ink Bootle, hanya saja Ink Bottle mewarnai outline, sedangkan Paint Bucket mewrnai bagian dalam.
  15. Eye Drooper Tool
    Alat ini berfungsi memberi warna pada outline obyek ataupun dalam obyek.
  16. Eraser Tool
    Eraser digunakan untuk menghapus bagian dalam ataupun luar obyek.Pada Eraser Mode terdapat 10 macam bentuk untuk menghapusyang terdiri dari 5 bentuk persegi dan 5 bentuk lingkaran mulai dari ukuran terkecil hingga ukuran terbesar.
  17. Hand Tool
    Alat ini berfungsi untuk menggeser stage, terutama bila kita mengezoom dengan skala besar.
  18. Zoom Tool
    Zoom ini berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan stage.
Sumber :http://www.si.its.ac.id/kurikulum/materi/pti/pert24-abstrak

1 komentar:

  1. Om, mau tanya cara nggunain Fill Transform Tools gmn???

    BalasHapus